//
you're reading...
Movies

3 Idiots [India|2009]

3 Idiots bercerita mengenai sebuah perjuangan dua orang sahabat (“2 Idiots”) dalam mencari seorang sahabat mereka yang hilang. Mereka adalah Raju dan Farhan yang mencari sahabat baik mereka, Rancho. Usaha pencarian ini bisa dikatakan akan menjadi usaha yang tidak mudah, hanya berbekal sebuah informasi dari teman semasa kuliah mereka, Chatur yang sombong, pun seakan enggan membantu. Pencarian ini pun menjadi lebih berat dan menantang setelah mereka menemui begitu banyak fakta dan kejutan yang tidak pernah mereka pikirkan sebelumnya.

Diawali dengan adegan konyol Farhan yang berpura-pura pingsan di atas pesawat yang sudah siap take-off setelah mendapat panggilan melalui telephone dari seseorang yang belakangan diketahui adalah Chatur yang membawa berita bahwa dirinya menemukan Rancho, dan mengajak bertemu di atas menara kampus tempat mereka bermain semasa kuliah dulu. Dilanjutkan dengan usaha untuk bergegas keluar bandara dengan cara menipu salah satu penjemput penumpang sembari menjemput Raju yang ternyata masih tertidur manis di atas ranjang.

Di atas menara kampus inilah, tempat mereka sering berkumpul bahkan minum hingga mabuk bareng, 2 idiots ini kembali diingatkan pada sebuah Janji sepuluh tahun sebelumnya antara “3 idiots” dan “the silencer” yang sudah terlupakan oleh mereka akan suatu hal klasik mengenai kesuksesan. Ternyata hal inilah yang bisa dikatakan sebagai cikal bakal perilaku enggan Chatur untuk membantu menemukan Rancho, another idiots yang suka berperilaku menyimpang dari kebiasaan mahasiswa pada umumnya, namun benar-benar telah mengubah hidup mereka.

Film ini lebih banyak menuturkan bagaimana persahabatan “3 idiots” bisa terjalin, kebersamaan, dan pesan moral kehidupan yang ada dan terbersit dalam persahabatan ini. Kisah masa-masa kuliah (mulai masuk hingga kelulusan) ini diceritakan dalam bentuk flash-back selama perjalanan pencarian Rancho, dan ditawarkan dalam bingkisan komedi segar yang begitu menghibur dan dijamin akan membuat terpingkal-pingkal.

Selayaknya kehidupan kampus, dalam film ini juga akan ditemui beberapa kebiasaan mahasiswa, dosen, karyawan, dan bahkan system pendidikan mulai dari hal-hal umum hingga yang jarang dijumpai. Issue hangat dunia pendidikan yang bersumber dari kesalahan penerapan system pendidikan dan mengakibatkan mahasiswa depresi hingga bunuh diri pun diangkat dalam film berdurasi 160 menit ini.

Menurut saya, pesan-pesan moral yang coba disuguhkan melalui 3 karakter utama dalam film ini berhasil tersampaikan dengan baik dengan balutan acting sempurna Amir Khan, Madhavan, dan Sharman Joshi dalam menjalankan perannya sebagai para 3 idiots. Film bergenre komedi ini juga sukses mempermainkan emosi dan perasaan saya selama menonton. Bagaimana tidak, porsi komedi yang disuguhkan membuat saya terpingkal-pingkal hingga benar-benar lupa dan tidak peduli dengan apapun yang saat itu terjadi di sekitar, namun di saat itu juga film ini juga tidak main-main untuk mellow drama  scene-scene dramatis yang diberikan. Yah dengan kata lain, film ini telah berhasil membuat saya tertawa dan menangis di saat yang bersamaan.

Seperti halnya film2 india yang telah popular dengan hal2 berbau cinta dan goyangan yang aduhai, film ini juga memberikan ciri khas film india tersebut di dalamnya. Sebuah cerita klasik accidentally in love antara Rancho dan si cantik Kareena Kapoor sebagai Pia yang tidak direstui orang tua pihak perempuan diberikan porsi yang pas dan tidak berlebihan, sehingga tidak mengganggu jalannya cerita. Namun, terlalu banyakknya lagu yang disuguhkan lengkap dengan koreo yang india banget membuat saya sedikit terganggu dalam menikmati film peraih penghargaan Filmfare Awards 2010 untuk Best Film, Best Director (Rajkumar Hirani), dan Best Supporting Actor (Bosman Irani as Viru Sahastrabudhhe) ini.

Overall, menurut saya film ini sukses membawa pesan moral dan pelajaran hidup pribadi, keluarga, cinta, juga akan sebuah pilihan, dan keputusan tanpa kehilangan misi entertaining dengan pengemasan komedi yang pas. Very recommended buat yang  sedang bingung milih, menentukan langkah hidup, atau juga para calon mahasiswa. What a perfect great movie!!!

The Sandsrate: 9.5/10

Credits:

Director     : Rajkumar Hirani

Producer   : Vidhu Vinod Chopra

Writer       : Abhijat Joshi and Rajkumar Hirani (Screenplay), Chetan Bhagat (Novel)

Casts         : Aamir Khan, R. Madhavan, Sharman Joshi, Kareena Kapoor, Boman Irani, Omi Vaidya, Parikshit Sahni, Javed Jaffrey

About ardnas20

an Instrument Designer who loves Movie, Music, and Photography...

Discussion

9 thoughts on “3 Idiots [India|2009]

  1. Nice review!!!

    Posted by Gabby Hakim | June 30, 2010, 6:12 pm
  2. pilm opo kuwi?

    ora dong….
    😀

    Posted by Listiani | July 13, 2010, 1:15 am
  3. mbak Lilis: nggilani gimana???keren banget tuh film…

    hahahah ini aja nonton hasil donlotan :p

    Posted by ardnas20 | July 14, 2010, 5:17 am
  4. sangat bagus kawan……

    Posted by shalih | September 11, 2010, 2:58 pm
  5. Film ini yg mmbuat saya mengerti arti dri sebuah persahabatan,
    1.persahabatan lebih mulia dbanding Manusiax itu sendiri,
    2. Belajar bisa dimna saja, slagi bisa raihlah..
    3. Jnganlah blajar utk mnghafal, tpi blajarlah utk mengerti.
    Banyak2 pesan2 yg mmbuat saya motifasi dlm film ini,
    bahagia n air mata harus mengalir nntn ni film.

    Mkasih utk pemeran dlm film ini.

    Posted by Ebriantus hasan | June 3, 2015, 11:11 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: