//
you're reading...
Movies

The Twilight Saga: Eclipse [USA|2010]

Melanjutkan kisah cinta terlarang seorang gadis belia, Bella Swan, dengan seorang vampire tampan yang banyak dipuja, Edward Cullen yang diangkat dari Novel Best Seller karya Stephanie Meyer dengan judul sama, The Twilight Saga: Eclipse hadir membawa cerita mengenai pilihan Bella akan kelanjutan hidupnya setelah lulus SMA, begitu pula cintanya pada Edward atau Jacob Black, seorang werewolf yang kisahnya telah diangkat dan diberi porsi yang mumpuni di seri sebelumnya, New Moon.

Film ini dibuka dengan scene mengejutkan dari penampilan seorang lelaki yang berjalan, hingga berlari ketakutan di tengah hujan deras akan sebuah teror oleh seorang vampire yang unfortunately berhasil menghisap darah dan meninggalkan bekas gigitan di telapak tangannya. Scene ini menjadi sebuah scene yang akan mengambil bagian penting dalam keseluruhan cerita film yang ternyata begitu banyak mendapat sambutan dari Twi-Hards, sebutan untuk para pemuja the twilight saga, dan para haters ini. Tentunya dengan sambutan yang begitu berbeda pada setiap masing-masing kubu.

Sisi drama film ini diberikan melalui begitu banyak dialog dengan banyak kata-kata romantis bualan Edward dan Jacob kepada Bella yang dibalut dengan appearance Edward yang tampil memukau dengan wajahnya dan Jacob dengan bentuk tubuhnya yang berhasil membuat para wanita dalam bioskop kelepek-kelepek hingga meneriakkan teriakan-teriakan annoying selama saya menonton. Selain itu,  film ini pun memberikan porsi yang cukup banyak untuk adegan-adegan beraroma seksual, yang membuat film ini sangat tidak recommended untuk anak-anak di bawah umur.

Banyaknya dialog dan plot yang cukup datar di bagian awal setelah scene pembuka ke tengah film membuat efek membosankan datang menghampiri saya. Begitu pula dengan beberapa pilihan music scoring yang terasa tidak pas dengan adegan yang disuguhkan. Dapat dirasakan pada saat graduation party, dimana lagu Neutron Star Collision (Love is Forever) dari muse yang mengalun sebagai backsound dalam pesta begitu terasa aneh dan tidak cocok jika digabungkan dengan adegan-adegan yang terjadi selama pesta berlangsung.

Cerita dalam film ini tidak hanya mengandalkan atau bahkan focus pada cerita cintanya saja, namun seperti dua seri terdahulunya, film ini juga melanjutkan kisah perjuangan Victoria, seorang bad vampire betina, untuk membalas dendam kepada keluarga Cullen atas kematian kekasihnya, James. Dikisahkan bahwa Victoria membentuk tentara vampire melalui Riley sebagai ketuanya yang bertugas membalaskan dendamnya. Pada focus cerita inilah, film ini mulai memberikan porsi untuk action yang melibatkan pertarungan antar vampire atau dengan bantuan werewolf.

Menurut saya, pengemasan scene-scene action dalam film berdurasi 124 menit ini bisa dikatakan tersaji lebih baik dibandingkan dengan New Moon meskipun juga belum bisa dikatakan istimewa. Bisa dilihat dalam penampilan para werewolf yang diolah dengan efek yang lembut dan terasa seperti sungguhan, baik dalam adegan berjalan, atau bahkan saat fight. Pun pada adegan fight pengejaran victoria dalam hutan terasa cukup menghibur. Bahkan bisa dibilang saya cukup puas dengan porsi action dalam seri ketiga ini yang lebih banyak ditampilkan di bagian akhir film.

Terlepas dari  apakah saya Twi-Hards ataukah haters, overall film ini bisa dikatakan cukup menghibur untuk mengisi waktu luang akan anda yang haus akan konsumsi sebuah film. Namun jangan begitu menaruh ekspektasi tinggi untuk film ini, setidaknya untuk menghindari kekecewaan atau bahkan penyesalan di akhir menonton. Karena menurut saya, seri ketiga Twilight ini bisa dikatakan jauh lebih bagus dari seri keduanya, New Moon, namun tak sebagus seri pembukanya, Twilight.

The Sandsrate: 7.3/10

Credits:

Director: David Slade

Producer: Wyck Godfrey, Karen Rosenfelt

Writter: Melissa Rosenberg (screenplay), Stephenie Meyer (novel)

Casts: Kristen Stewart, Robert Pattinson, Taylor Lautner, Bryce Dallas Howard, Billy Burke, Xavier Samuel, Dakota Fanning, Ashley Greene, Peter Facinelli, Elizabeth Reaser, Kellan Lutz, Nikki Reed, Jackson Rathbone, Jodelle Ferland, Julia Jones, Jack Huston, Catalina Sandino Moreno, Anna Kendrick, Michael Welch

About ardnas20

an Instrument Designer who loves Movie, Music, and Photography...

Discussion

8 thoughts on “The Twilight Saga: Eclipse [USA|2010]

  1. “film ini pun memberikan porsi yang cukup banyak untuk adegan-adegan beraroma seksual, yang membuat film ini sangat tidak recommended untuk anak-anak di bawah umur.”

    —-> memang filmnya hanya untuk orang dewasa
    kalo ada anak2 yang nonton ya emang ortunya yang agak2…
    hehehe….

    Posted by rierie | July 5, 2010, 3:34 am
  2. nah, itu dia masalahnya…
    gimana saya gak bilang statement itu, lha pas nonton ada aja ibu2 yang ngajak 2 anaknya yang masih kecil2 nonton film ini, udah jelas2 filmnya untuk orang dewasa, masih aja ngajak anak2nya, huh…

    eniwei, makasih komennya kk…

    Posted by ardnas20 | July 5, 2010, 3:48 am
  3. ga tertarik nonton twilight series\
    menurut ekeh biasa aja😀

    Posted by Mahendra | July 5, 2010, 3:26 pm
    • gak maksa buat nonton kok kk,…
      ini jg cm hasil opini saya dari apa yang telah saya tonton…
      kl menurut saya, emang nonton film itu gabisa asal tonton, kalo emang genre atau dari awal ada beberapa hal yang bikin kita udah gak suka/gak minat buat nonton ya gausah dipaksain nonton…
      bener kan???

      eniwei, makasih udah mampir dan meninggalkan jejak di blog saya kk😀

      Posted by ardnas20 | July 8, 2010, 12:29 am
  4. Sandraaaa…………………..

    eh, kemarin, aku nonton twilight sama sapa yah…
    koq aku jadi lupa gini…

    sekarang ga bisa nonton lagi…
    hiks..hiks..hiks…

    Posted by Listiani | July 13, 2010, 1:06 am
    • wadoh, gak tau juga kemaren mbak li2s nonton sama siap😦
      kalo gak ada bioskop, nyari dvd-nya aja atau donlot😀

      Posted by ardnas20 | July 13, 2010, 5:16 am
      • ingat aku….nonton ber2 aja sama adek sepupuku….hehe…

        internete menggik-menggik, ga iso donlot pilem…

        yg pasti, ga se seru klo nonton di bioskop…
        pingin ke surabayaaaaaaaa……
        :((

        Posted by Listiani | July 14, 2010, 3:15 am
  5. Yeah clama ak nonton ne film ak mrasa ad b’sama mreka n ‘rasa ak jd p’main’y n ak sk bnget ne film
    wat p’gmar ne film t’ruskn kch smgat biar d lnjtan episode’ya

    Posted by Tatia | September 15, 2010, 7:29 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: