//
you're reading...
Movies

Océans [France|2009]

Sesuai dengan judulnya, film dokumenter Perancis ini mengangkat tentang kisah kehidupan laut lengkap dengan segala sesuatu yang terkait padanya. Mulai dari kehidupan makhluk-makhluk laut hingga berbicara mengenai nasib ke depan laut itu sendiri. Secara garis besar, film ini bercerita mengenai perjalanan evolusi keadaan lingkungan laut dari jaman purba hingga saat ini. Berkisah mengenai elemen-elemen dalam laut selama evolusi, baik yang terlihat sebagai penyusun (makhluk laut, biota laut, dll) maupun sebagai pendukung (cuaca, iklim, dll).

Film ini menyajikan kumpulan gambar-gambar dalam maupun luar laut di sepanjang film yang diambil dari berbagai belahan dunia dan disusun dalam sebuah film dengan cerita pada suatu benang merah. Setiap kejadian dan gambar yang disajikan menyimpan maksud dan arti yang disusun secara berkesinambungan, dan tentunya dengan arahan narasi minim dari seorang narator dengan bahasa Perancis. Sebut saja beberapa gambar yang mengisahkan tentang sebuah koloni hewan laut, mulai dari yang kecil hingga massive koloni, simbiosis mutualisme, kasih sayang yang ditunjukkan dengan bimbingan induk kepada anaknya hingga proses dan perilaku adaptasi hewan-hewan laut tersebut.

Sang sutradara juga mampu memberikan sentuhan humor melalui beberapa potongan gambar dalam  film ini. Lihat saja pada perilaku ikan yang seolah-olah menari balet, atau ular laut yang menarikan tari ular layaknya di fim-film India. Namun, selain itu emosi penonton juga akan dinaikkan melalui gambar-gambar yang menunjukkan ancaman bahaya, beberapa scene fight antar predator dan mangsanya, persaingan herbivora di padang rumput dalam laut, atau bahkan ulah manusia terhadap laut dan isinya.

Film ini benar-benar memanjakan mata penonton melalui kumpulan gambar keindahan laut dengan kualitas yang sangat baik dan begitu menakjubkan. Entah bagaimana para kru film ini mendapatkan semua gambar-gambar memukau seperti itu. Bahkan tidak hanya di dalam laut, di permukaan lautpun film ini memperlihatkan gambar-gambar ekstrim yang berhasil membuat saya berdecak kagum. Lihat saja pada perjuangan nahkoda kapal bersama para awaknya menghadapi ombak yang begitu besar ditambah cuaca ekstrim yang bisa mematikan. Istimewanya lagi, semua kumpulan gambar-gambar keren ini diramu dengan music score yang begitu pas, dan terasa Perancis banget.

Namun, adanya peletakan beberapa gambar yang bisa dikatakan tidak tepat pada alur cerita yang disusun membuat gambar-gambar tersebut terkesan melenceng dari story line yang dibangun. Atau juga pada beberapa gambar dengan maksud sama yang tidak diletakkan secara berurutan, melainkan dengan interval cukup lama setelah menampilkan gambar dengan maksud lain yang menimbulkan adanya kesan pengulangan pada film ini.

Terlepas dari miss di beberapa part tersebut, di akhir film, setelah  menikmati keseluruhan isi film yang juga diputar sebagai penutup Festival Sinema Perancis di Jakarta April 2010 lalu ini, saya pun mulai tersadar akan bagaimana keadaan laut sesungguhnya saat ini, serta untuk bagaimana seharusnya mencintai dan menjaga laut sebagai bagian dari hidup karena berbagai pelajaran hidup pun ternyata bisa didapatkan untuk dipelajari dari laut yang telah disampaikan di film ini. Dan satu hal lagi, ini lah film dokumenter pertama yang membuat saya yang notabene tidak begitu tertarik dan bosan dengan film-film dokumenter benar-benar merasa enjoy dan menikmati keseluruhan film.

The sandsrate: 8.3/10

Credits:

Director : Jacques Perrin

Co-director : Jacques Cluzaud

Writer : Jacques Cluzaud

Co-writer : Christophe Cheysson

Casts : Jacques Perrin (Narrator: Frence Version), Pierce Brosnan (Narrator: English Version), Pedro Armendáriz Jr. (Narrator: Spanish Version Voice), Rie Miyazawa (Narrator: Japanese Version), Aldo (NArrator: Italian Version), Lancelot Perrin (Himself), Manolo Garcia (Narrator: Voice)

About ardnas20

an Instrument Designer who loves Movie, Music, and Photography...

Discussion

7 thoughts on “Océans [France|2009]

  1. :p gw belum nonton san
    mantep nihh

    Posted by movienthusiast | July 8, 2010, 6:21 am
    • sebentar, ini om hafi apa om galih ya???? *bingung

      segera ditonton om, film ini gw tonton setelah gw nonton film dokumenter perancis lainnya, cuma gak sebagus ini, boring malah…
      dan kaya yg udah gw tulis, ini film dokumenter yang bikin gw gak bosen nontonnya😀

      sebenernya pengen nonton the cove gw, direkomendasiin sama sapa gt di kaskus tempohari, penasaran jadinya…

      oiya, makasih udah mampir dan meninggalkan jejak….

      Posted by ardnas20 | July 8, 2010, 8:01 am
  2. Aaaah….ga sopan….sms mu semalam ternyata mau pamer ini toh…
    aku kan ga bisa nonton…
    di sini ga ada 21…..

    Kaya’nya bagus tuh…
    Biologi bgt yah…

    Iiiihhhh….jadi pingin nonton…😦

    Posted by Listiani | July 13, 2010, 12:38 am
    • bagus banget, coba tonton dh…
      biologi-nya ITS banget kan, biologi kelautan gitu, heheheehe

      kalo gak ada bioskop, coba nyari dvd-nya, atau donlot😀

      Posted by ardnas20 | July 13, 2010, 5:18 am
      • ok lah…aku coba cari, mudah2an dapat,
        klo donlot…butuh waktu berapa lama yah?😀

        Iiiiyaaaaa…..Biologi ITS banget….
        harus ditonton ini….🙂

        Posted by Listiani | July 14, 2010, 3:21 am
  3. Hi there to all, how is the whole thing, I think every one
    is getting more from this site, and your views are fastidious in support of new viewers.

    Posted by Best Diet Sacramento | August 13, 2014, 10:57 am
  4. Howdy! I’m at work browsing your blog from my new apple
    iphone! Just wanted to say I love reading through your blog and
    look forward to all your posts! Carry on the fantastic
    work!

    Posted by Http://Gilbertohjii.Edublogs.Org/ | August 19, 2014, 1:39 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: