//
you're reading...
Movies

Inception [USA|2010]

Sebuah film hasil kolaborasi hebat Christopher Nolan, sutradara yang terkenal dengan karya-karyanya yang memiliki plot cerita twist, berat dan membingungkan, bersama aktor peraih Oscar dengan jam terbang tinggi di dunia perfilman, Leonardo Dicaprio ini membuat INCEPTION banyak ditunggu oleh para penikmat film dunia. Bahkan orang-orang yang bisa dibilang “awam” dalam dunia perfilman pun sangat antusias menyambut film ini (terbukti dengan ludesnya tiket INCEPTION di bioskop-bioskop Jakarta di hari pertama pemutaran). Entah, apakah hanya untuk menikmati film ini sebagai tontonan hiburan atau untuk membuktikan seberapa hebat karya terbaru Nolan ini, tentunya dengan menyiapkan kemampuan maksimal otak untuk berfikir dalam menonton film ini.

Inception bercerita mengenai Domm Cobb, seorang yang mampu melakukan extraction, sebuah cara untuk mencuri pikiran, atau bahkan ide-ide orang lain melalui mimpi. Dan secara logika, jika memang ide atau pikiran seseorang bisa dicuri melalui mimpi, tentunya perilaku sebaliknya untuk menanamkan pikiran juga bisa dilakukan. Cara inilah yang selanjutnya disebut inception, dan sekaligus menjadi tantangan Cobb yang sebelumnya hanya terbiasa melakukan extraction untuk melakukan Inception sebagai “pekerjaan” barunya dalam sebuah perjanjian.

Film ini dibuka dengan sebuah scene dimana Domm Cobb yang terdampar di pantai yang kemudian dihadapkan pada seorang lelaki tua yang tak dikenalnya namun mengenalnya, scene awal inilah yang akan mengantar penonton masuk lebih dalam ke cerita keseluruhan film ini. Diceritakan dalam usahanya melaksanakan Inception kepada Robert Fischer, Jr., Cobb dibantu oleh Arthur, Eames, Yusuf, dan Ariadne sebagai rekan satu team yang memiliki keahlian masing-masing di alam bawah sadar ditambah Saito, seorang yang memberikan “pekerjaan” ini yang bisa disebut sebagai “tamu” di alam mimpi selama usaha inception. Usaha inception ini menjadi begitu tidak mudah ketika Cobb yang ternyata pikirannya terus dihantui bayangan masa lalunya.

Seperti halnya film-film Nolan sebelumnya, film ini juga mengajak penonton untuk sedikit berpikir selama menonton. Pikiran penonton seolah dibawa masuk ke dalam film melalui permainan mimpi yang berlapis-lapis dengan perbedaan waktu yang cukup signifikan di setiap lapisnya. Sebuah ide langka yang dikembangkan dalam ajakan untuk berfikir serta dilengkapi dengan scene action dan acting memukau para pemain yang sudah tak dapat diragukan lagi kemampuannya sekaligus menjamin akan membuat penonton seolah-olah ada di dalam film.

Pengemasan visual efek dalam film pun benar-benar terlihat rapi, lihat saja pada scene  runtuhan tebing di garis pantai, penataan arsitektur kota oleh Ariadne, atau pada saat usaha penyelamatan oleh Arthur tanpa adanya gaya gravitasi yang begitu terlihat memukau dan sempurna. Di sini Nolan pun berhasil membuat adrenalin terpacu, ketegangan-ketegangan yang diciptakan disempurnakan dengan music scoring oleh Hans Zimmer benar-benar begitu terasa hingga sempat membuat saya menahan nafas dan memeluruskan badan dalam mengikuti laju film ini.

Namun sayangnya, film ini kurang berhasil membangun ikatan emosi pada karakternya. Menurut saya hubungan cinta Cobb dengan anggota keluarganya, atau pada hubungan antara Fischer dengan ayahnya yang terlihat lemah, lihat saja pada bagian Fischer berbicara dengan ayahnya yang menimbulkan kesan hanya lewat begitu saja. Jika saja ikatan emosi itu berjalan lebih baik, pasti film ini bisa tampil sempurna dengan juga membawa penonton dalam permainan emosinya.

Overall, film ini bisa dikatakan sukses menampilkan suguhan menarik, memukau, dan berkualitas yang akan membuat kita benar-benar terhibur menikmatinya dengan cara mempermainkan pikiran masing-masing melaui film, meskipun juga bisa dibilang bahwa sebenarnya film ini tidak begitu berat dan cukup bisa dimengerti dengan mudah sehingga siapapun bisa mengkonsumsi film bagus ini. Sebuah pesan agar anda bisa lebih berhati-hati saat bermimpi untuk menghindari para extractor, atau paling tidak hanya untuk sekedar tahu di alam manakah sebenarnya anda sekarang.

Thesandsrate: 9.7/10

Credits:

Producer  : Christopher Nolan, Emma Thomas

Director    : Christopher Nolan

Writer        : Christopher Nolan

Casts      : Leonardo DiCaprio, Ken Watanabe, Joseph Gordon-Levitt, Marion Cotillard, Ellen Page, Tom Hardy, Cillian Murphy, Dileep Rao, Tom Berenger, Michael Caine, Lukas Haas, Talulah Riley, Pete Postlethwaite

About ardnas20

an Instrument Designer who loves Movie, Music, and Photography...

Discussion

2 thoughts on “Inception [USA|2010]

  1. pertamax

    Posted by movienthusiast | July 24, 2010, 12:46 pm
  2. keduax

    Posted by trilili | August 31, 2010, 6:35 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: