//
you're reading...
Movies

The Sorcerer’s Apprentice [USA|2010]

Sebuah film Action comedy fantasy yang menceritakan tentang Dave yang merupakan titisan Merlin, seorang penyihir di masa lalu yang memiliki tiga orang murid, yaitu Balthazar Blake, Veronica, dan Maxim Horvath, yang ditakdirkan untuk melaksanakan suatu tugas besar yang menyangkut kehidupan masa depan manusia. Dalam melaksanakan tugasnya ini, Dave dibantu Balthazar yang menjadikannya sorcerer’s apprentice.

Dimulai dengan beberapa scene flash back, dimulai dengan yang berlatar tahun 174 SM menceritakan kisah Merlin bersama ketiga muridnya dan musuh besarnya, Morgana Le Fay. Scene inilah yang nantinya menjadi bagian penting dalam film, atau bisa juga disebut sebagai latar belakang keseluruhan cerita film. Dilanjutkan dengan scene pencarian titisan Merlin oleh Balthazar hingga ditemukannya David pada saat berusia 10 tahun. Scene ditemukannya dave sebagai titisan Merlin pun pada akhirnya menjadi asal mula cerita sepuluh tahun kemudian dimana perjuangan dave dengan sihir dimulai.

Film yang terinspirasi dari salah satu segmen cerita film animasi Walt Disney yang berjudul Fantasia (1940) dimana pada cerita asalnya sosok apprentice pertama kali diperkenalkan sebagai tokoh Mickey Mouse ini hadir dengan cerita standart, sederhana, dan cukup predictable selayaknya film-film keluaran Disney. Namun, yang lain dalam cerita dunia sihir satu ini adalah diramunya ilmu fisika sebagai sains modern yang mendukung atau seolah-olah memberikan alasan terhadap beberapa kejadian magic dalam film yang disuguhkan dalam kombinasi yang menarik nan unik untuk disimak. Ditambah dengan balutan komedi yang cukup mengundang tawa pada kelakuan konyol Dave.


Dan seolah sadar akan kelemahan aspek cerita, film ini tampil cukup memukau melalui visual efek yang ditawarkan termasuk pada beberapa scene fight yang terlihat begitu menghibur, meskipun masih terlihat lemah pada part-part tertentu. Lihat saja pada bagian david menggunakan sihir yang baru saja dipelajarinya dengan “memerintahkan” sapu dan begitu banyak alat pembersih lainnya untuk membersihkan lab tempatnya belajar sihir, adegan ini terlihat dan bahkan terasa sekali akan tidak sempurnaya pengolahan efek CGI yang digunakan.

Bagian lain yang mendukung dan menambah nilai jual film ini adalah pada penggunaan lagu “secrets” oleh One Republic yang mengalun mengiringi film dan menambah semangat untuk menikmati film berdurasi 111 menit ini. Apalagi pada aransemen “buatan” Dave dengan molekul-molekul atom ciptaannya, versi ini berhasil membuat saya sempat berdecak kagum dibuatnya (dimana emang dasar sebelumnya saya sudah suka dengan lagu secrets). Music scoring dengan soundtrack ini pun bisa dikatakan sebagai penguat “label” romansa dalam film antara Dave dengan Becky yang sayangnya hanya ditampilkan dalam porsi pas-pasan.

Dengan ramuan elemen-elemen penyusun film yang ditawarkan, agaknya film ini cukup layak untuk bisa dinikmati sebatas sebagai hiburan dikala penat. Tentunya tanpa harapan berlebihan untuk bisa menemui sebuah film hebat, karena memang tidak ada yang begitu special dalam film ini.

Thesandsrate: 8.1/10

Credits:

Director    : Jon Turteltaub

Producer  : Jerry Bruckheimer

Writers    : Lawrence Konner, Mark Rosenthal (screen story), Doug Miro, Carlo Bernard, Matt Lopez (screenplay)

Casts       : Nicolas Cage, Jay Baruchel, Alfred Molina, Monica Bellucci, Teresa Palmer, Alice Krige, Toby Kebbell, James A Stephens.

About ardnas20

an Instrument Designer who loves Movie, Music, and Photography...

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: