//
you're reading...
Movies

Nine [USA/Italy|2009]

Nine merupakan sebuah film musical yang diangkat dari sebuah cerita Broadway Musical “Nine”. Hal ini lah yang membuat film ini tampil dengan gaya penceritaan dan musical yang bisa dibilang terlihat sangat teatrikal dan terkesan sangat Broadway. Berlatar di Italy dan menceritakan tentang Guido Contini, seorang sutradara film papan atas yang mengalami kegagalan di beberapa film terakhirnya dan tengah kehilangan ide cerita untuk film terbarunya, ITALY. Keadaan ini diperparah dengan desakan sang produser yang memaksanya untuk segera melakukan proses produksi.

Dibuka dengan penampilan teatrik musical Guido yang menyanyikan lirik lagu mengenai suka duka menjadi seorang sutradara lengkap dengan iringan tarian penari latar. Dalam scene berikutnya diceritakan bahwa Guido harus melakukan press conference mengenai ITALY dengan tanpa ide cerita, cast, dan apapun di dalam benaknya. Namun Guido mempunyai Claudia, penata artistic yang setia memberikan support dan meyakinkannya untuk hadir dalam press conference tersebut.

Film ini menggunakan beberapa elemen kehidupan pribadi yang mempengaruhi karakter utamanya dalam usaha mendapatkan inspirasi, sebut saja masalah moral dan agama yang dipaparkan bahwa guido adalah seorang Italian katolik yang harus meminta saran kepada pendeta untuk mengatasi masalahnya. Hal ini pun berpengaruh pada kehidupan pribadi, keluarga, pernikahan hingga masalah yang timbul di dalamnya seperti perselingkuhan.

Sisi drama film ini diberikan porsi yang cukup banyak mengingat beberapa masalah yang timbul dalam kehidupan Guido yang cukup kompleks. Namun seolah memberikan penyegaran di tengah-tengah mellow drama yang berkepanjangan, film ini juga menyisipkan sedikit sentuhan komedi melalui kelakuan Guido di tengah-tengah kefrustasiannya yang disuguhkan dalam beberapa scene dan dialog yang ampuh membuat saya tertawa.

Seperti halnya film musical, Nine tampil megesankan pada penggarapan musiknya dengan menyisipkan lagu dan tarian dalam film serta memberikan porsi untuk para cast menyanyi lengkap dengan koreografinya. Dalam film ini, lirik lagu yang dinyanyikan bisa dibilang sebagai potongan-potongan jalan cerita, bahkan beberapa lagu pun menjelaskan beberapa karakter dalam film. Jadi menikmati lagu dalam film ini serasa menyimak dialog yang memaparkan isi cerita film.

Overall dalam menikmati film ini, saya dibawa enjoy dengan segala elemen musikalitas yang ditawarkan sepanjang film, begitu pula dengan totalitas cast yang menampilkan acting dan kemampuan menyanyi lengkap dengan koreografinya. Namun nine akan menjadi begitu sulit untuk beberapa penonton yang kurang berminat dengan film musical yang ditampilkan dengan elemen teatrikal, karena siap-siap saja membuat film sendiri di alam mimpi disaat film diputar.

Thesandsrate: 7.8/10

Credits:

Director    : Rob Marshall

Writers  : Michael Tolkin (screenplay), Anthony Minghella (screenplay), Arthur Kopit  (Broadway musical “Nine”),  Maury Yeston  (Broadway musical “Nine”), Mario Fratti (Broadway musical “Nine” Italian original)

Casts        : Daniel Day-Lewis, Marion Cotillard, Penélope Cruz, Sophia Loren, Kate Hudson, Judi Dench, Nicole Kidman,  Stacy Ferguson, Sandro Dori, Ricky Tognazzi, Giuseppe Cederna,  Elio Germano, Roberto Nobile, Andrea Di Stefano

About ardnas20

an Instrument Designer who loves Movie, Music, and Photography...

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: