//
you're reading...
Movies

We Are Family [India/Australia|2010]

Setelah sukses duduk di bangku sutradara untuk mengarahkan karya terakhirnya, My Name Is Khan, pada tahun 2009, Karan Johar yang sebelumya juga sukses mengeksekusi Kuch Kuch Hota Hai (1998) dan Kabhi Kushi Kabhie Gham (2001) kembali dengan film terbarunya di tahun 2010 ini sebagai produser sekaligus script writer melalui We Are Family, sebuah remake dari Stepmom karya Chris Columbus pada tahun 1998.

We Are Family bercerita tentang kehidupan keluarga broken home yang terdiri dari seorang ibu, Maya, dengan tiga orang anak yang sangat dicintainya, Aleya, Ankush, dan Anjali, yang telah bercerai dengan suaminya, Aman. Setelah dua tahun perceraian, Aman yang masih menjalin hubungan baik dengan ketiga anaknya kembali ke rumahnya saat pesta ulang tahun Anjali bersama kekasih barunya, Shreya, seorang mode designer. Kedatangan Aman dan Shreya inilah yang kemudian menjadi awal permasalahan yang timbul dalam keluarga ini.

 

Seperti halnya kebanyakan film dengan tema masalah keluarga seperti dalam We Are Family, kecemburuan hadir menjadi pemicu konflik yang akan mewarnai keseluruhan jalan cerita. Baik ketidaksetujuan Aleya, Ankush, dan Anjali akan kedatangan Shreya yang mereka anggap sebagai ancaman akan menggantikan posisi ibu mereka, atau bahkan kecemburuan Maya akan Shreya yang lambat laun berhasil mencuri perhatian ketiga anaknya. Masalah menjadi begitu rumit  ketika Maya menemui dirinya mengidap kanker dan harus menghadapi kenyataan bahwa umurnya hanya tinggal dalam hitungan bulan saja.

 Film drama keluarga hasil kerjasama India dan Australia ini hadir memukau dengan alur dan jalan cerita yang rapi dan teratur, dengan memberikan porsi yang pas pada pengenalan masing-masing karakter dan penciptaan konflik dari urutan adegan yang ditampilkan. Apalagi didukung dengan acting para pemain yang sudah tidak dapat diragukan lagi. Lihat saja penampilan memukau Kajol yang sudah wara-wiri dan banyak mengenyam asam garam industry perfilman Bollywood sebagai Maya yang diadu dengan Kareena Kapoor yang sebelumnya sukses dengan 3 Idiots sebagai Shreya, berhasil menambah nilai lebih  film ini dari segi totalitas akting mereka.

Image film india yang jago dalam menghadirkan film-film tearjerker yang mampu menyentuh setiap hati dan perasaan penontonya benar-benar mampu diwujudkan dalam film berdurasi 115 menit ini. Disuguhkan dengan story line yang memang mengajak penonton untuk berempati lebih dalam untuk menikmati setiap scene penuh harunya, ditambah dengan pengabungan setiap elemen-elemen film seperti acting dan music scoring yang mampu membuat penonton “menangis Bombay” pada bagian tengah hingga penyelesaian film, dengan begitu memang tidak dapat disangsikan lagi jika film india satu ini memang sukses dalam memberikan suguhan yang mampu memporak-porandakan emosi dan perasaan penontonya.

Ciri khas film India lainnya yang selalu memberikan music scene untuk goyangan dan nyanyian tidak akan ditemui dalam porsi berlebihan di film ini. Dengan hanya memberikan beberapa lagu sebagai backsound yang sayangnya kadang-kadang masih ditemui seolah kurang pas dengan scene yang ditampilkan, saya rasa memang sudah cukup tanpa harus menghadirkan begitu banyak music scene dalam film. Meskipun begitu ternyata, Siddharth Malhotra, sang sutradara  masih menyelipkan satu buah music scene berkedok karaoke bersetting pada sebuah bar yang cukup menghibur dengan kelakuan konyol para casts saat menyanyi di tengah film. Hal inilah yang saya rasa menunjukkan bahwa bagaimana Film India saat ini sudah memasuki era baru, dan meninggalkan jaman keemasan “Inspektur Vijay” atau “Tuan Takur.”

Namun jangan anggap bahwa We Are Family hanyalah sebuah tearjerker India murahan yang hanya mengandalkan adegan termehek-meheknya. Dengan memberikan porsi yang cukup banyak pada tiga karakter anak pada tingkat umur dan kedewasaan yang berbeda dan disuguhkan secara natural pada acting maupun sifat, karakter, kelakuan, kelucuan dan kenakalan khas anak-anak yang begitu polos ditambah beberapa factor yang telah saya sampaikan di atas, semua itu mampu membuat film ini menjadi paket lengkap sebuah tontonan keluarga berkualitas yang begitu sayang untuk dilewatkan.

Thesandsrate: 4.5/5

Credits: 

Producers : Karan Johar, Hiroo Johar

Director: Sidharth Malhotra

Writers : Karan Johar (Writer), Sidharth Malhotra (Writer, Story)

Casts : Kajol, Kareena Kapoor, Arjun Rampal, Nominath Ginsberg, Aachal Munjal, Diya Sonecha.

 

  

About ardnas20

an Instrument Designer who loves Movie, Music, and Photography...

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: