//
you're reading...
anything, Music

Music Review: Tulus – Pamit

itunes pamitTULUS is Back!

Salah satu penyanyi pria berbakat (terbaik) Indonesia yang setia di jalur musik independen, Tulus, tengah mempersiapkan sebuah album baru, album studio ketiga lebih tepatnya. Masih belum diketahui kapan album #3 Tulus akan dirilis, namun untuk menandakan kedatangannya Tulus membangun ‘jembatan’ lewat sebuah lagu balada tentang akhir kisah cinta yang diberi judul ‘Pamit’.

Ada yang berbeda dalam ‘Pamit’ dari lagu-lagu patah hati Tulus sebelumnya, pada liriknya kali ini Ia memposisikan diri sebagai seorang ‘tersangka’ alih-alih sebagai ‘korban’ selayaknya pada ‘Sewindu’ atau ‘Bumerang’. “Jangan paksakan genggamanmu. Ijinkan aku pergi dulu, yang berubah hanya tak lagi ku milikmu. Kau masih bisa melihatku, kau harus percaya ku tetap teman baikmu” menegaskan itu semua. Namun percayalah, kekuatan vokal dan kepiawaian Tulus meramu lirik dalam lagu ini adalah senjata mematikan untuk memikat para pendengarnya.

Lalu bagaimana dengan komposisi musiknya? Sebuah instrumental orchestra megah oleh 50 musisi dari The City of Prague Philharmonic Orchestra yang memperkuat divisi string section di paruh kedua lagu mengawal ‘Pamit’ menuju kesempurnaan. Yah, alunan musiknya kali ini membawa suasana patah hati menjadi semakin menyakitkan.

‘Pamit’ pada akhirnya menjadi tanda bahwa musikalitas Tulus bergerak pada ranah yang berbeda, diawali oleh sesuatu yang terdengar sangat Tulus seperti yang kita kenal kemudian perlahan bergerak menuju sesuatu yang baru yang belum pernah dijamahnya dengan begitu elegan. Suka!

NB: Saya siap menyongsong album ketiga Tulus.

Pamit on iTunes/Apple Music

Pamit (Official Lyrics Video) on Youtube:

Pamit (Official Music Video) on Youtube:

About ardnas20

an Instrument Designer who loves Movie, Music, and Photography...

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: