//
you're reading...
anything, Awards, Movies

The 88th Annual Academy Awards 2016: Let’s Guess!

2016-oscars-logo-we-all-dream-in-gold-660x330

Terlepas dari kontroversi tidak terdapatnya nama aktor-aktris kulit hitam dalam jajaran nominasi peran yang kemudian menimbulkan keramaian dengan tagar #OscarSoWhite sesaat setelah pengumuman nominasi, gelaran Academy Awards tahun ke-88 kali ini menjadi sangat menarik untuk diikuti karena persaingan para nominee untuk merebut Piala Oscar yang terjadi sangat ketat melebihi tahun-tahun yang lalu. Hal ini bermula dari penghargaan-penghargaan pra Oscar yang memberikan kemenangan beragam untuk film, sutradara maupun para aktor dan aktris. Tidak ada frontrunner, apapun bisa terjadi selayaknya Oscar yang gemar memberikan kejutan.

Selain itu, tahun ini menandakan untuk kali pertama saya berhasil melahap semua film yang menjadi nominasi Best Picture dan kategori Akting setelah dua tahun lalu saya hanya mampu menghabiskan kategori Film Terbaik saja. Jadi, mari kita tebak-tebak buah manggis. Biar oke kaya prediksi para ahli, mari kita bicara tentang Will Win dan Should Win dalam prediksi ala-ala kali ini. Will Win berarti tebakan berdasarkan keisengan atau feeling atau spekulasi saya atas peredaran pemenang SAG, WGA, DGA, PGA, Spirits, Critics, Golden Globes, dan BAFTA yang telah diumumkan sebelumnya. Sedangkan Should Win murni pilihan yang menjadi favorit pribadi saya selaku penikmat film. Oh iya, karena gak ngerti soal teknis film (gak cuma teknis sih sebenernya) maka postingan kali ini hanya akan menjabarkan Film Terbaik dan kategori akting.

Okay, now let’s make some fun with the Oscars!

Best Picture

Nominees:

The Big Short

Bridge of Spies

Brooklyn

Mad Max: Fury Road

The Martian

The Revenant

Room

Spotlight

Prediction:

Inilah yang tadi saya bilang, tidak ada frontrunner menyapu bersih kemenangan awards pra Oscars saat The Martian diunggulkan oleh Golden Globes (Musical/Comedy), The Big short oleh Producers Guild of America (PGA), Spotlight mendapatkan hati Screen Actor Guild (SAG), Critics, dan Spirit, kemudian Director Guild of America, Golden Globes (Drama), dan BAFTA sepakat memberikan kemenangan pada The Revenant. Namun di bagian menuju akhir awards season hanya ada 2 film yang mulai mendominasi, The Revenant dan Spotlight. The Revenant mungkin akan menang dan membuat Innaritu dua tahun berturut-turut membawa kemenangan untuk film garapannya serta dirinya sebagai Sutradara Terbaik(?). Namun, Secara personal saya memilih Spotlight untuk cara bercerita dan mengungkap fakta mengejutkan secara perlahan, membangun dan menjaga atmosfer mood menonton sepanjang film, dan kualitas akting para pemainnya. #TeamSpotlight

Will & Should win: Spotlight

Best Actor in a Leading Role

Nominees:

Bryan Cranston, Trumbo

Matt Damon, The Martian

Leonardo DiCaprio, The Revenant

Michael Fassbender, Steve Jobs

Eddie Redmayne, The Danish Girl

Prediction:

Bryan Cranston menjadikan karakter Dalton Trumbo mendapatkan begitu banyak simpati, Matt Damon dalam The Martian begitu jenaka, dan Eddie Redmayne sempurna bertransformasi sebagai Einar Wegener sekaligus Lili Elbe dengan perubahan yang begitu drastis. Akan ttapi Banyak yang bilang kalau this is Leo’s time, dan mungkin juga itu benar melihat kemenangan Leonardo DiCaprio di semua awards pra-Oscars.  Namun, saya adalah salah satu dari mungkin sedikit orang yang tidak setuju dengan pernyataan tersebut. Alasannya? ketimbang akting yang saya rasa berlebihan oleh DiCaprio di The Revenant, saya jauh lebih enjoy dengan akting menjadi seorang jenius dengan ambisi tapi pemarah namun juga seorang ayah yang bertanggung jawab oleh Michael Fassbender sebagai Steve Jobs. Akting yang pas dan mengagumkan yang berhasil membuat Steve Jobs begitu mudah untuk dicintai dari awal hingga akhir. Mari berdoa supaya para juri Oscars memlilih Fassbender. Aamiin.

Will win: Leonardo DiCaprio, The Revenant

Should win: Michael Fassbender, Steve Jobs

Best Actress in a Leading Role

Cate Blanchett, Carol

Brie Larson, Room

Jennifer Lawrence, Joy

Charlotte Rampling, 45 Years

Saoirse Ronan, Brooklyn

Prediction:

Terlepas dari dominasi Brie Larson di ajang penghargaan sebelum Oscars, kesempurnaan penampilannya sebagai Ma, seorang Ibu satu anak di dalam suatu ruangan tertutup dengan masa lalu kelam dalam Room memang layak diganjar piala. Jika ada penampilan lain yang mungkin mematahkan Larson, menurut saya Charlotte Rampling adalah orangnya. Dengan ekspresi ketegaran, cemburu, dan rasa sakit hati yang begitu dalam dalam satu karakter berhasil membuat 45 Years berjalan begitu kelam dan menyakitkan.

Will & Should win: Brie Larson, Room

Best Actor in a Supporting Role

Christian Bale, The Big Short

Tom Hardy, The Revenant

Mark Ruffalo, Spotlight

Mark Rylance, Bridge of Spies

Sylvster Stallone, Creed

Urutan film dalam nominasi ini yang saya saksikan adalah The Big Short-Bridge of Spies-The Revenant-Spotlight-Creed. Awalnya saya memaklumi akting Christian Bale tanpa terkesan sama sekali dengan akting Mark Rylance yang membawa pulang piala BAFTA maupun Tom Hardy yang secara mengejutkan dinominasikan dalam katgori ini tanpa mengantongi unggulan di semua awards pra-Oscars, hingga saya begitu terkesan dengan penampilan Mark Ruffalo sebagai jurnalis yang begitu terobsesi dengan pekerjaannya terlebih setelah menemukan fakta-fakta yang mencengangkan dirinya dalam Spotlight. Sampai akhirnya saya mulai bisa menerima jika saja Sylvester Stallone yang kembali memerankan Rocky Balboa, namun kali ini versi manula, merebut sang piala emas Academy Awards.

Will win: Sylvster Stallon, Creed

Should win: Mark Ruffalo, Spotlight

Best Actress in a Supporting Role

Jennifer Jason Leigh, The Hateful Eight

Rooney Mara, Carol

Rachel McAdams, Spotlight

Alicia Vikander, The Danish Girl

Kate Winslet, Steve Jobs

Ini adalah kategori paling sulit bagi saya untuk memilih. Meninggalkan kontroversi posisi Rooney Mara dalam Carol dan Alicia Vikander di The Danish Girl yang konon seharusnya dilabeli sebagai Leading Actress alih-alih (hanya) pemeran pembantu, mereka berdua memang sangat layak mendapatkan nominasi Oscars berkat penampilan luar biasa oleh keduanya. Jennifer Jason Leigh sukses tampil menyebalkan sebagai tahanan wanita sekaligus satu-satunya karakter perempuan yang tampil hampir di sepanjang The Hateful Eight berjalan, kemudian Rachel McAdams yang begitu berkharisma, cantik, cerdas, dan begitu loveable dalam Spotlight. Lalu bagaimana dengan Kate Winslet? Satu-satunya kontender yang sudah memajang satu buah Piala Oscar di rumahnya ini tampil sangat memukau sebagai asisten pribadi Steve Jobs yang begitu sabar dan setia. Kalau ada keajaiban tie untuk kategori ini, saya berdoa supaya Alicia Vikander dan Kate Winslet lah dua nama yang akan disebut itu. Namun jika itu tidak mungkin, my vote is for Alicia Vikander untuk rasa sakit hati, kehilangan dan keikhlasan Gerda Wegener atas suaminya, Einar Wegener dan juga untuk piala SAG yang telah dikoleksinya.

Will and should win: Alicia Vikander, The Danish Girl (tie Kate Winslet, Steve Jobs)

 

Bonus!

Bagian ini bagian murni tebakan yang berdasarkan pada jagoan saya, tidak mencakup semua kategori tapi hanya beberapa yang menyita perhatian saya atau yang saya cukup paham dengan kategorinya, dari pada asal nebak trus dibilang sotoy, ya kan?

Studio animasi raksasa Pixar akan mengulang kesuksesannya setelah dua tahun absen gelar melalui Inside Out di Best Animated Feature Film. Meskipun saya tidak begitu menyukai Sanjay’s Super Team seperti halnya saya mencintai Lava, namun karena hanya film ini yang saya tonton di kategori Best Short Film (Animated) makan saya menjagokannya. Kategori Documentary (Feature) kemungkinan akan dimenangkan dokumenter tentang penyanyi Amy Winehouse, Amy, yang telah menyabet Grammy, BAFTA, dan PGA. Film asal Hungaria pemenang Grand Prize of the Jury Cannes Film Festival 2015, Son of Saul (Saul Fia) adalah pilihan saya untuk kategori Best Foreign Langauge Film. Kategori penulisan naskah sepertinya akan dimenangkan The Big Short untuk Adapted Screenplay dan Spotlight untuk Original Screnplay dengan alasan karena dua film tersebut telah mnggondol Critics, BAFTA, Writers Guild of America (WGA) Awards di masing-masing kategori. Dan yang terakhir, saya berdoa untuk kemenangan Lady Gaga dan Diane Warren pada kategori Best Music (Original Song) untuk Til It Happens to You dari film dokumnter yang menyorti tindak kekerasan seksual di kampus, The Hunting Ground.

Oke, cukup sekian main-mainnya dan See you at the Oscars in a few hours!

About ardnas20

an Instrument Designer who loves Movie, Music, and Photography...

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: