//
you're reading...
Music

2013 in Review: Songs of the Year – Pribumi

Listen to music

Tak peduli  selama apapun durasi Dahsyat, Inbox, atau acara televisi sejenis ditayangkan setiap hari di layar kaca Indonesia, hal tersebut seolah tak membuat saya kemudian membiasakan diri mendengarkan lagu-lagu karya anak bangsa. Bukan berarti tidak cinta tanah air dan sok bule, namun saya hanya merasa sudah terlanjur sering dikecewakan oleh lagu-lagu yang membuat sumpah serapah akhirnya harus terucap dari bibir ini #tsahh

Oke saya tahu bahwa ada lebih banyak lagi lagu-lagu yang lebih bagus di luar list ini, namun selain didasarkan pada subyektifitas pribadi, daftar ini juga saya buat atas minimnya lagu-lagu pribumi yang masuk ke telinga. Bisa jadi tidak adanya beberapa lagu keren tersebut adalah bukan karena saya tidak menyukainya, melainkan lebih kepada saya tidak tahu kalau ada lagu tersebut, hehehe

Well, terlepas dari layak atau tidaknya saya membuat list ini, berikut adalah daftar singkat 10 lagu Indonesia favorit saya sepanjang 2013.

Special Mention

Cinta SejatiKali ini saya akan memberikan kredit lebih untuk 2 lagu yang dirilis sebelum tahun 2013 namun cukup sering saya dengarkan dan membuat saya jatuh cinta di tahun 2013 kemarin. Pertama, saya punya penyanyi wanita yang mengawali karirnya sebagai aktris sinetron, Bunga Citra Lestari yang menyanyikan sendiri lagu soundtrack film yang dibintanginya akhir tahun 2012 lalu, Habibie & Ainun. Lagu ciptaan Melly Goeslaw yang kemudian diberi judul Cinta Sejati itu sempat membuat saya terngiang-ngiang selama berminggu-mingu oleh vocal dan penghayatan BCL saat menyanyikannya. Oke, lagu ini berhasil memporak-porandakan perasaan dan emosi  saya saat menonton Habibie & Ainun.

Watch Video

KahijiBerikutnya adalah Kuring Bogoh Ka Manehna, sebuah lagu berbahasa Sunda dan dinyanyikan oleh band Sunda beraliran Pop/Rock Jepang, Jafunisun. Yup, saya adalah orang Jawa yang begitu mengagumi bahasa sunda. Jadi, selain lagunya yang begitu catchy dalam melodi maupun liriknya (apalagi jika dinikmati oleh orang-orang Sunda penggemar aliran J-Rock), masih ada alasan lain menikmati lagu ini yaitu untuk belajar bahasa sunda.

Watch Video

The Top 10

10. Fatin – Aku Memilih Setia (alb. For You)

Aku Memilih SetiaOverated? Bahkan saya sendiri yang mencantumkannya di daftar ini akan menjawab dengan lantang bahwa penyanyi pemenang The X Factor Indonesia musim pertama ini bisa saja diberi label overated atas kemampuan bernyanyinya yang hanya bagus di lagu-lagu tertentu saja (yes, I am talking about her audition song). Tapi, coba dengarkan lagu ini sekali lagi. Guilty pleasure! Apalagi jika Fatin cukup berani untuk membuat bagian chorus lagu ini selayaknya Love on Top. Pasti posisi 10 terlalu rendah untuknya kali ini.

Listen

9. Geisha – Lumpuhkan Ingatanku (alb. Seleksi Hits)

Lumpuhkan IngatankuAwal kemunculannya, saya begitu meremehkan Geisha. “Ah, pastilah sama dengan band-band Indonesia mainstream dengan lagu-lagu sampah.” Namun hal itu berubah ketika saya mendengarkan vocal Momo di gubahan ulang lagu Cobalah Mengerti  bersama Ariel Uki Lukman Reza David. Termasuk lagu ini, penghayatan luar biasa Momo pada sebuah aransemen pop ballad yang menjadikan lagu ini sangat pas sebagai teman move on, hehe. And yes, they’re not really that bad.

Watch Video

8. Andien – Bernyanyi Untukmu (alb. #Andien)

#AndienAlbum baru berarti akan ada hal baru yang diusung Andien. Benar sekali, jika 13 tahun lalu Bisikan Hati dan Detik tak Bertepi membawa suasana jazz kelam nan sendu, kali ini kita akan mendapati sesuatu yang begitu berbeda sebagai hasil eksplorasi yang begitu dalam walau masih di ranah jazz yang menjadi kekuatannya. Sebuah lagu pelipur lara dibalut dengan semangat adult contemporary. Marilah tinggalkan kegalauan dan menikmati keriangan yang begitu enerjik melalui alunan nada di setiap ketukannya. A very good mood booster!

Watch Video

7. Yovie Widianto & Raisa – Mantan terindah (alb. Yovie and His Friend: Irreplaceable / Heart to Heart)

Heart To HeartLagu ini sempat menjadi favorit saya beberapa tahun silam ketika sang penyanyi asli, Kahitna, memperkenalkannya lewat album Lebih Dari Sekedar Cantik. Mario, Hedi, dan Carlo menyanyikannya begitu indah seperti biasa. Namun, membawa Raisa dalam sebuah kolaborasi untuk lagu galau ini adalah sebuah pilihan cerdas. Yes, ketika warna vocal unik Raisa yang begitu piawai melantunkan lagu-lagu balad dipertemukan dengan composer yang ahli meramu lagu-lagu romantis, Yovie Widianto, saya yakin semua pasti setuju bahwa ini adalah sebuah kolaborasi yang begitu mengagumkan!

Listen

6. Bunga Citra Lestari – Jangan Gila (alb. The Best of)

The Best Of Bunga Citra LestariSejak awal karirnya di dunia tarik suara, BCL menunjukkan kalau dia tidak main-main di industri ini sekaligus membuktikan bahwa keputusannya menjadi penyanyi bukanlah semata-mata karena faktor aji mumpung. Semuanya dia buktikan melalui setiap lagu-lagunya yang begitu variatif, eksploratif, jauh dari kesan monoton dan yang pasti berkualitas di atas rata-rata. Jangan Gila adalah salah satunya, unik dan berbeda dari apa yang pernah dia tampilkan sebelumnya. Suka!

Watch Video

5. Maliq & D’Essentials – Setapak Sriwedari (alb. Sriwedari)

sriwedariAh, band yang satu ini selalu tau bagaimana cara memuaskan para pendengarnya tanpa harus meninggalkan cita rasa khas yang mereka miliki. Lirik puitis, kualitas vocal Angga dan Indah yang tak layak untuk diragukan lagi, serta bunyi-bunyian dari elemen musik yang kaya nan rumit sebagai pembentuk aransemen lagu adalah ciri khas lagu ini. Lalu, masih butuh bentuk alasan seperti apa lagi untuk tidak menyukai lagu ini?

Watch Video

4. Cakra Khan – Setelah Kau Tiada (alb. Cakra Khan)

Setelah Kau TiadaPenyanyi pendatang baru ini memiliki sebuah beban berat tatkala single perdananya, Harus Terpisah, membahana di seantero pelosok negeri. Bagaimana tidak, dia harus membuktikan kepada para penggemarnya (even the haters) jika dia benar-benar bisa benyanyi dan bukanlah sekedar one hit maker.  Dan akhirnya Cakra Khan berhasil akan hal itu, atau setidaknya bagi saya. Lagu inilah yang mampu mencuri perhatian saya sekali lagi. Typical sih sama lagu pendahulunya, namun penggunaan not-not ringan ditambah corak suaranya yang berat tapi mampu menjangkau nada tinggi membuat telinga saya mudah menerima sekaligus menjadikannya lagu wajib setiap karaoke.

Watch Video

3. JKT48 – Yuuhi wo Miteiruka? -Apakah Kau Melihat Mentari Senja?– (alb. Yuuhi wo Miteiruka? -Apakah Kau Melihat Mentari Senja?-)

Yuuhi wo MiteirukaJujur, saya belum pernah mendengarkan versi asli lagu ini yang dinyanyikan oleh ‘kakak tertua’ JKT48, AKB48. Tapi saya pun tak pernah membandingkan atau bahkan memperdulikan hal itu, bagi saya aransemen lagu inilah yang membuat saya jatuh cinta. Mengalun lembut dan membuat ketentraman hati tatkala mendengarkannya. Sssttt, coba dengar lagu ini sambil meresapi liriknya bersama hembusan angin di suatu sore, ah indahnya…

Watch Video

2. Sherina Munaf – Sebelum Selamanya (alb. Tuna)

Sebelum SelamanyaButuh beberapa kali dengar untuk menikmati lagu yang tidak biasa ini. Yup, single pertama album dewasa ke tiga Sherina Munaf ini memang akan terdengar awam dan sulit diterima bagi beberapa kalangan. Namun yakinlah di balik itu semua, Sherina meramu karyanya ini dengan sangat serius keluar dari pakem bermusik mainstream untuk menjadikannya suguhan berkelas. Idealis? Hmm, ain’t that good?

Watch Video

1. JKT48 – RIVER (alb. RIVER)

RiverMeskipun saya bukanlah vvota, namun faktanya RIVER adalah lagu Indonesia yang paling banyak saya dengar setahun kemarin, berada di urutan ke lima secara keseluruhan dan bahkan menjadi satu-satunya lagu indonesia di dalam daftar 20 besar. Well, sepertinya data akun last.fm saya tersebut sudah menggambarkan secara gamblang betapa saya mencinta lagu ini. Oke, meskipun sebagian besar lagu-lagu JKT48 adalah lagu yang bisa dibilang sebagai versi bahasa Indonesia dari lagu-lagu yang sebelumnya diciptakan dan dinyanyikan oleh sister group mereka, AKB48, namun di dalam RIVER saya menemukan sebuah semangat kerja keras dan keberanian setiap membernya. Lagu up-beat penuh semangat yang menurut saya cukup berbeda dari lagu-lagu JKT48 lainnya ini dengan mantap mengantarkan kekaguman dan dukungan saya kepada JKT48.

Watch Video

About ardnas20

an Instrument Designer who loves Movie, Music, and Photography...

Discussion

8 thoughts on “2013 in Review: Songs of the Year – Pribumi

  1. well done! good reading.. some of them are on my top 2013 song list too😀

    Posted by Gimunk | January 3, 2014, 3:40 am
  2. Asik, blognya Update lagi! tahun ini ngga banyak dengerin lagu Indonesia tapi seneng liat #1, dan bisa dijadiin referensi buat list2 lainnya😉

    btw, ditunggu list list lainnya, San!

    Posted by adhari | January 4, 2014, 1:45 am
    • Lagi ada mood nulis lagi nih.
      Suka ngiri soalnya kalo baca list akhir tahun anak2 blogger, hehehehe

      wehee, suka RIVER juga? toss… ( ^,^)/\(^,^ )

      Insya Allah ya, semoga list lainnya bisa kelar🙂

      Posted by ardnas20 | January 4, 2014, 4:19 am
  3. cihuy! akhirnya…
    suka sama yang nomor 5…🙂

    Posted by arie | January 4, 2014, 3:01 pm
  4. Cakra Khan,,, keren
    salam kenal Pancasila

    Posted by janakastore | January 7, 2014, 1:34 am
  5. If extra jobs around the house oor more serious issues related to infidelity?

    It iis important that you know what to expect and decide whether it is foor you to atch below.
    One of entrry level resume the fastest growing ways too make
    a living, and to help yyou find the courge to pitch anything?
    But you must be persistebt and consistent in order too access that person’s bank accounts, credit cards, and other resources.

    Posted by bullet points for resume | June 15, 2014, 7:57 am
  6. This paragraph presents clear idea for the new people
    of blogging, that really how to do running a blog.

    Posted by investing real | August 5, 2014, 5:00 am

Leave a Reply

